Sabtu, 29 Agustus 2009

PNEUNOMIA

PNEUNOMIA

  1. Definisi / pengertian

· Pneunomia adalah suatu peradagangan dimana terdapat konolidasi yang disebabkan pengisian rongga alveoli oleh.

· Pneunomia adalah radang paru-paru yang dapat diseabkan oleh bermacam-macam sebab seperti bakteri, virus, jamur dan benda asing.

· Pneonomia adalah peradangan yang mengenai parenkim paru, distal dari bronkiulus terminalis yang mencangkup bronkiulus respiratorius dan alveoli serta menimbulkan konsolidasi jaringan paru dan gangguan pertukaran gas setempat.

  1. Epidemiologi / Insiden Kasus

Pneunomia dapat terjadi pada berbagai usia, meskipun lebih banyak terjadi pada usia yang lebih muda. Masing-masing kelompok umur dapat terimpeksi oleh pathogen yang berbeda, yang mempengaruhi dalam penetapan diagnosa dan terapi. Sekitar 80% dari seluruh kasus baru praktek umum berhubungan dengan infeksi saluran nafas yang terjadi di masyarakat(pneumonia komunitas /PK) atau didalam rumah sakit(pneumonia nosokomial / PN). Pneumonia yang merupakan bentuk infeksi saluran nafas bawah akut di parenkim paru yang serius dijumpai sekitar 15-20%. Pneumonia nosokomial di ICU lebih sering dari pada PN di ruangan umum yaitu 42%:13% dan sebagian besar yaitu sejumlah 47% terjadi pada pasien yang menggunakan alat Bantu mekanik. Kelompok pasien ini merupakan bagian terbesar dari pasien yang meninggal di ICU akibat PN.

  1. Penyebab / Etiologi

Virus : Virus influenza

Bakteri : Streptokokus pneumonia, Streptokokus aureus, Hemofilus influenza, Stafilokokus, Pneumokokus.

Jamur : Pseudomonas, Candida albican.

Aspirasi : Makanan atau benda asing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar